Jasa layanan internet atau yang dikenal dengan ISP (internet Service Provider) merupakan suatu layanan yang sudah banyak diperlukan oleh masyarakat tidak hanya digunakan sendiri tetapi juga perusahaan. Tetapi jasa layanan internet masih ditemukan kekurangan dari segi pelayanan internet maupun kegiatan operasionalnya sehari hari, maka dari itu diperlukannya ITSM (IT Service Management) untuk meningkatkan proses pelayanan jasa internet. Salah satunya framework ITSM yang dapat digunakan sebagai acuan adalah ITIL atau Information Technology Infrastructure Library. IT/L V3 memiliki lima siklus yaitu Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation dan Continual Service Improvement. Dalam penulisan ini akan membahas pada siklus Service Operation yang memiliki tujuan untuk memastikan layanan IT yang diberikan secara efektif dan efisien. Untuk mendapatkan praktik terbaik IT/L pada Lifecycle Service Operation, ISP harus melakukan beberapa tahapan. Langkah awal adalah melakukan penilaian awal sebagai tolak ukur tingkat kematangan ITIL saat ini. Kemudian dari hasil penilaian terse but kita gunakan sebagai acuan dalam mengimplementasikan siklus Service Operation ITIL .. Hasil dari implementasi atau perbaikan dari 4 proses tersebut adalah policy, work instruction dan SOP. SOP atau standard Operation Prosedur dan setelah dilakukan SOP yang sudah dibuat, dilakukan lagi penilaian akhir untuk melihat perubahan atau hasil dari keberhasilan penerapan Lifecycle Service Operation ITIL.
Sumber Referensi :
- http://www.library.gunadarma.ac.id/
- http://www.itservicemanagement-itil.com/
- http://kessvip.blogspot.co.id/
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar